Untitled Document
Untitled Document
Pekanbaru » Posting » Sain Tech
Wah....situs Megaupload ditutup
Tutor by: prim dibaca:3827 kali, Posted on 2012-01-21 06:11:49

Berita online beberapa hari ini di hangatkan dengan informasi tentang teknologi yaitu Pengesahan Undang-undang anti pembajakan di Amerika Serikat.  Seperti diberitakan media online tempo.co bahwa baru-baru ini Amerika mengesahkan undang-undang yang melindungi pembajakan data-data di internet yang dinamakan SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect Intelectual Property ACt).  Dimana pengesahan undang-undang tersebut mendapat tantangan keras dari Wikipedia dengan melakukan boikot menutup situsnya selama satu hari, bahkan aksi lain yang juga menentang pengesahan undang-undang tersebut adalah layanan wordpress menonaktifkan situsnya juga.

Nah, bagaimana dengan Indonesia? Sebenarnya bisnis Megapload adalah sebuah server penyimpanan yang diperuntukkan bagi user unguk mengupload data mereka.  Istilahnya sebagai media penyimpanan.  Nah, menurut infonya bahwa megaupload ini adalah perusahaan yang berbasis di Hongkong, namun karyawannya tinggal di selandia Baru.  Bagaimana ini bisa dianggap sebagai pelanggaran di Amerika? Pihak Pemerintah Amerika menyakatan bahwa megaupload ini menyewa ribu-an server di Amerika dan transaksi yang terjadi banyak terjadi terjadi di negara tersebut.  Karena itu dianggap melakukan pelanggaran dan dikenai tuntutan karena menyimpan barang-barang ilegal yang diperjual belikan.

Nah, untuk Indonesia sendiri, dampak yang paling jelas secara individu adalah mereka yang menyimpan data di megaupload.  Dia tidak bisa mengakses data mereka lagi. Kemudian bagi penyedia situs penyimpanan online Indonesia, hal ini bisa dijadikan contoh bahwa memperjual belikan data-data ilegal merupakan pelanggaran.



Loading...
 Komentar Lainnya (0)

Nama : Email : Blog/Web :

:D :P ;;> ;) :) :O :: =s :g :-? :@ :-)) :-bd I-) B-) ):b :-/ :o:
:x =D> :-)/\:-) =)) @_@ o|^_^|o

Untitled Document