Untitled Document
Untitled Document
Pekanbaru » Posting » EkBis & Manajemen
Cappuccino Cincau 6 - Product Life Cycle
Tutor by: Menhard dibaca:5075 kali, Posted on 2012-03-07 08:20:10

 

Cappuccino Cincau  6 – Product Life Cycle (Daur Hidup Produk)

 


Pembaca yang terhormat,

Mulai Cappuccino Cincau 6  dan selanjutnya, Insyaallah pada bagian judul akan ada sedikit penambahan subjudul, dimaksudkan agar pembaca lebih mudah memaknai isi bahasan. (isinya takkan meleset, tetap pada “core” Cappuccino Cincau)   ……. Selamat menikmati …..


 

Produk umumnya melewati tahap-tahap tertentu/daur hidup  (Product Life Cycle) mulai dari perkenalan sampai dengan ditarik dari pasar. Produk, sebagaimana makhluk hidup, mengenal fase kelahiran, pertumbuhan, sampai kematiannya. Artinya, bisa jadi produk yang semula disukai banyak konsumen akan kehilangan konsumennya (Kismono, 2001:340). Senada dengan itu, Madura (2001:104-106) mengemukakan 4 tahapan kehidupan produk, Pengenalan; Pertumbuhan; Kedewasaan; Penurunan. Untuk lebih jelas, Kismono  (2001) menguraikan tahap-tahap daur hidup produk yaitu:

 1. Tahap Perkenalan (introduction)    

Dalam tahap ini produk masih belum dikenal oleh konsumen. Kegiatan promosi terutama ditekankan untuk memperkenalkan produk kepada konsumen dan membujuk konsumen untuk mencoba produk perusahaan.

Gambar

Daur Hidup Produk

 

 
   

 

 

Sumber :  Kotler, Philip (1997), Marketing  Management Analysis, Planning Implementation and Control, 9nded. New   Jersey: Prenctice-Hal, Inc, dalam Kismono (2001:342).


2. Tahap Pertumbuhan (growth)

Dalam tahap ini produk mulai dikenal konsumen. Penjualan mulai meningkat seiring gencarnya promosi. Kenaikan penjualan dalam tahap pertumbuhan, membuat perusahaan perlu melakukan penambahan saluran distribusi dan membuka outlet baru.

3. Tahap Kedewasaan (maturity)

Pada saat produk mencapai tahap kedewasaan, penjualan mencapai titik tertinggi sedangkan persaingan semakin meningkat. Perusahaan perlu menekan pada promosi-promosi khusus untuk menarik perhatian seperti pemberian kupon, potongan harga, untuk menarik perhatian konsumen maupun perantara perdagangan.

4. Tahap Penurunan (decline)

Pada tahap ini penjualan mengalami penurunan demikian juga laba perusahaan. Konsumen biasanya memilih produk baru yang berada pada siklus hidup lebih awal, yang bisa memberikan kepuasan yang lebih besar atau dapat memenuhi kebutuhan atau keinginan yang berbeda.

 

Bagaimana dengan Cappuccino Cincau yang lagi marak di Pekanbaru saat ini?

Cappuccino Cincau hadir baru dalam hitungan bulan. Namun “followers”nya banyak sekali. Ditinjau dari kacamata teoritis yang dikemukaan di atas, Cappuccino Cincau ini sudah melewati masa perkenalan, berada dalam tahap pertumbuhan. Dengan mengobservasi beberapa pionir penjualan Cappuccino Cincau terlihat Penjualan masih tetap meningkat (ditandai dengan antrean yang makin panjang, dan petugas yang melayani konsumen sudah ditambah), pesaing sudah mulai tumbuh. Pada sebagian besar penjual lainnya terlihat masih sepi-sepi saja. Penjualan terbesar masih didominasi beberapa pionir Cappuccino Cincau. 

 Apa yang dapat dilakukan produk sudah mencapai tingkat kedewasaan (maturity), dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk mencegah penurunan penjualan?  Cappuccino Cincau 7, akan mencoba menjawabnya.



Loading...
 Komentar Lainnya (0)

Nama : Email : Blog/Web :

:D :P ;;> ;) :) :O :: =s :g :-? :@ :-)) :-bd I-) B-) ):b :-/ :o:
:x =D> :-)/\:-) =)) @_@ o|^_^|o

Untitled Document