Untitled Document
Untitled Document
Pekanbaru » Posting » Artikel Umum
Melalui belajar qt berubah!
Tutor by: Menhard dibaca:5048 kali, Posted on 2012-02-29 09:41:14

AAM plus IPI Leppindo merubah system pembelajarannya secara total

inilah beberapa kajian teoritis yang mendasarinya....


Implementasi kurikulum yang baik akan terwujud melalui proses pembelajaran yang memfasilitasi pengembangan kompetensi mahasiswa melalui proses transformasi pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai, agar menjadi kompetensi yang berlangsung secara efektif. Untuk itu, salah satu cara yang strategis ialah agar dosen mampu merubah suasana kelas dari kelas yang berbasis pengajaran (teaching), menjadi kelas berbasis pembelajaran (learning). Squires, et.al (1984) mengungkapkan bahwa pembelajaran yang efektif akan tergantung kepada tiga hal : 1) keterlibatan (involvement) mahasiswa dalam proses pembelajaran; 2) jumlah konten kurikulum untuk dipelajari mahasiswa (coverage); dan 3) tingkat keberhasilan (success) mereka menyelesaikan semua tugas akademik tiap hari (dalam Ansyar, 2006:1). Ketiga hal tersebut mensyaratkan keterlibatan atau keaktifan mahasiswa dalam setiap proses pembelajaran.   

Proses pembelajaran yang dapat melibatkan mahasiswa secara aktif hanya dapat dilakukan apabila pembelajaran dilakukan melalui pemberian kesempatan belajar (learning opportunities) kepada mahasiswa untuk terlibat secara penuh  melakukan kegiatan pembelajaran. Sebaliknya, kondisi mahasiswa yang pasif (dosen melakukan pengajaran), mahasiswa hanya berkesempatan untuk menerima sajian (konten kurikulum) yang berupa informasi, data dan pengetahuan saja. Jelas hal ini mengurangi, bahkan menghapuskan kesempatan bagi mahasiswa untuk terlibat secara aktif, yang pada gilirannya akan menghambat pengembangan kompetensi mahasiswa. Hanya dengan perubahan peran dosen dari sebagai pengajar menjadi dosen sebagai fasilitatorlah yang akan membuahkan pengalaman belajar (learning experience) mahasiswa melalui proses pembelajaran. Sebab kompetensi merupakan individual learning yang hanya dapat dikembangkan melalui proses pembelajaran yang membuahkan pengalaman kepada setiap pribadi yang secara akumulatif akan berkembang menjadi kompetensi mahasiswa.

Artinya, saat ini secara bertahap proses pembelajaran di kampus kita telah berubah, dari awalnya teacher centre menjadi student centre....

ayo, siapkan diri Sdr. menjadi sebuah pusat perubahan...!



Loading...
 Komentar Lainnya (14)

Nama : Email : Blog/Web :

:D :P ;;> ;) :) :O :: =s :g :-? :@ :-)) :-bd I-) B-) ):b :-/ :o:
:x =D> :-)/\:-) =)) @_@ o|^_^|o

Untitled Document