Untitled Document
Untitled Document
Pekanbaru » Posting » Top Tutorial
Setelah Login Localhost,PHPMyAdmin Tak Muncul di Win7
Tutor by: anthiecs dibaca:8192 kali, Posted on 2013-01-07 12:18:25

Bagi Pengguna WebServer lokal seperti Xampp, AppServer dan kawan-kawannya, Phpmyadmin merupakan ruang yang sangat vital dalam memanage database. Xampp, AppServer dan sejenisnya adalah sebuah Paket aplikasi OpenSource yang digunakan untuk membangun webserver lokal yang didalamnya terdiri dari Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl.

Lalu apakah Webserver Lokal tersebut? Sebelumnya, akan saya jelaskan apa itu WebServer. Webserver adalah sebuah tempat dimana file-file website diletakkan sehingga dapat diakses melalui Browser. Setiap Website yang dibuat tentu akan ada langkah pengetesan apakah website dapat berjalan dengan baik. Nah untuk melakukan hal ini, jika webserver yang digunakan langsung dari web hosting atau online dari internet, sering kali prosesnya lambat sehingga tidak efisien dari segi waktu. Maka dari itu solusinya adalah dengan membuat webserver lokal di komputer tempat pengerjaan website tersebut.

Kembali ke topik awal, untuk pembuatan webserver lokal di sistem operasi Windows XP dan versi kebawah, sejauh yg saya telusuri tidak ada kendala untuk membangun webserver lokal seperti Xampp/ Appserver. Kendala muncul ketika aplikasi Xampp/Appserver tersebut di install pada windows 7 atau vista, yaitu saat hendak menampilkan PhpMyadmin di localhost. Mungkin beberapa dari anda pernah menemui permasalahan tersebut, setelah login di localhost maka akan muncul link-link yang berkaitan dengan webserver dan salahsatunya adalah phpmyadmin.

Untuk mengakses Phpmyadmin, kita mesti mengklik link phpMyAdmin Database Manager

Jika setelah login, halaman phpMyadmin kosong seperti ini ;

maka solusinya ada dua cara. Yang pertama yaitu kita harus mengganti $cfg['Servers'][$i]['host'] = 'localhost' menjadi $cfg['Servers'][$i]['host']= '127.0.0.1' pada config.inc.php di dalam folder phpmyadmin.

solusi kedua adalah dengan menghilangkan tanda pagar pada line # 127.0.0.1 localhost di C:\Windows\System32\drivers\etc\host (buka file tersebut sebagai administrator)

setelah file host diedit lalu save dan jalankan kembali phpmaydmin. Dari kedua solusi tersebut, lebih direkomendasikan untuk memilih cara yg kedua. 

Sekian tips tutorial dari saya, semoga bermanfaat dan nantikan tutorial berikutnya...Cool



Loading...
 Komentar Lainnya (0)

Nama : Email : Blog/Web :

:D :P ;;> ;) :) :O :: =s :g :-? :@ :-)) :-bd I-) B-) ):b :-/ :o:
:x =D> :-)/\:-) =)) @_@ o|^_^|o

Untitled Document