Untitled Document
Untitled Document
Pekanbaru » Posting » EkBis & Manajemen
Cappuccino Cincau 1
Tutor by: Menhard dibaca:5803 kali, Posted on 2012-03-01 01:49:20

 



Pengantar

Insya Allah, tulisan tentang Cappuccino Cincau ini akan terdiri dari beberapa tulisan yang ditinjau dari beberapa sisi kajian. Selamat menikmati, ehh….., selamat membaca.

 

Cappuccino adalah minuman khas Italia yang dibuat dari espresso dan susu. Cappuccino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Definisi yang lain menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam.

Di Italia cappuccino diminum hampir selalu hanya pagi-pagi untuk makan pagi. Di beberapa negara lain cappuccino diminum sepanjang hari atau setelah makan malam.

Selain espresso yang baik, unsur terpenting dalam membuat cappuccino adalah tekstur dan temperatur susu. Bila seorang barista yang terlatih baik memanaskan susu untuk cappuccino, ia harus menciptakan "microfoam" dengan memasukkan busa-busa udara yang sangat halus ke dalam susu. Hal ini membuat susu itu sangat halus dan terasa manis. (Barista adalah sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan. Kata "barista" berasal dari bahasa Italia yang berarti "pelayan bar").

Idealnya cappuccino dibuat di sebuah cangkir kopi keramik yang mempunyai daya simpan panas yang jauh lebih baik daripada gelas atau kertas.

Di tempat-tempat tertentu, barista yang cakap menciptakan seni latte ketika menuangkan susu yang telah dipanaskan dengan tepat ke dalam espresso, sehingga menciptakan desain-desain tertentu seperti apel, hati, daun, dan rangkaian daun.

Hingga tahun 1990-an Cappuccino hanya diminum di Eropa dan beberapa kota besar di Amerika Utara, namun setelah itu cappuccino semakin mudah didapat oleh orang-orang Amerika Utara di waralaba warung kopi yang mewah, dengan suasana "Eropa" (khususnya Starbucks)

Espresso adalah minuman yang dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Espresso berasal dari Bahasa Italia yang berarti express atau "cepat" karena dibuat untuk disajikan dengan segera kepada pelanggan. Di dalam espresso terdapat lebih dari enam ratus komponen zat kimia termasuk diantaranya gula, kafein, protein, emulsi dari minyak kopi, koloid, dan partikel kopi dalam suspensi dengan gelembung gas kecil. Pada setiap espresso terdapat suatu komponen yang disebut crema yang merupakan busa keemasan yang terdiri dari minyak, protein, gula yang mengambang di permukaan. Secara teknis, espresso diperoleh ketika 45 ml air disemburkan melewati 7 hingga 9 gr kopi bubuk pada temperatur 90°C dengan tekanan 9 atmosfer.

 

Cincau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) adalah gel serupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel terbentuk karena daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air.

Kata "cincau" sendiri berasal dari dialek Hokkian sienchau (Hanzi: 仙草, pinyin: xiancao) yang lazim dilafalkan di kalangan Tionghoa di Asia Tenggara. Cincau sendiri di bahasa asalnya sebenarnya adalah nama tumbuhan (Mesona spp.) yang menjadi bahan pembuatan gel ini.

Cincau paling banyak digunakan sebagai komponen utama minuman penyegar (misalnya dalam es cincau atau es campur). Dilaporkan juga cincau memiliki efek penyejuk serta peluruh. (http://id.wikipedia.org/wiki/Cappuccino, diakses 1 Maret 2010, Pukul 07.34)

Minuman Cappuccino Cincau yang sekarang lagi naik daun di Pekanbaru, jika ditinjau dari asal,  minuman tersebut adalah minuman hasil kreativitas. Terlihat bahwa Cappucino adalah minuman khas Italia, sedangkan cincau adalah minuman penyegar dari Cina. Penyajiannya pun sudah dikreasi dari panas menjadi dingin. Dari cangkir di ubah menjadi cup plastik. Bahkan saat ini sudah ada kombinasi, Cappucino Durian Cincau dan lain-lain. Yang lebih hebat lagi, harga saji yang umumnya Rp. 5.000,- pergelas, saat ini sudah ada yang berani lebih ekonomis hanya Rp. 4.000,- pergelas.  

Cappuccino Cincau mulai mewabah di Pekanbaru pada beberapa bulan belakangan. Dibukanya beberapa “Café” seperti di Jl. KH. Ahmad Dahlan, Jl. Paus dan beberapa tempat lainnya, dan diserbu pengunjung (bahkan ada tempat penjualan Cappucino Cincau yang memberlakukan Nomor Antrian agar penikmat Cappucino Cincau tidak berebutan dan lebih teratur).

Tumbuhnya berbagai tempat penjualan Cappuccino Cincau, secara alami akan menimbulkan rivalitas diantara penjual. Tentunya yang paling mendasar adalah persoalan Rasa. Racikan Barista yang pas, akan memberikan cita rasa maknyus pada Cappucino Cincau.   

Mari kita nikmati Cappuccino Cincau, sambil menikmati persaingan dan perkembangan usahanya …………



Loading...
 Komentar Lainnya (5)

Nama : Email : Blog/Web :

:D :P ;;> ;) :) :O :: =s :g :-? :@ :-)) :-bd I-) B-) ):b :-/ :o:
:x =D> :-)/\:-) =)) @_@ o|^_^|o

Untitled Document