Untitled Document
Untitled Document
Pekanbaru » Posting » Top Motivasi
Enam Jurus Ampuh Taklukan Ujian Masuk Perguruan Tinggi Impian
Tutor by: admin dibaca:1300 kali, Posted on 2017-04-13 15:23:01

Memilih perguruan tinggi seperti halnya memilih pasangan hidup. Banyak pilihan yang ada di luar sana namun untuk menemukan satu jurusan yang cocok kadang melalui perjalanan yang tidak mudah. Terutama untuk teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah menengah. Kamu perlu menggali dan mengenal diri sendiri, apa yang kamu sukai, hal apa yang menarik perhatianmu, impian, dan kelemahan-kelemahan yang ada dalam dirimu.

Setelah kamu menemukan minat dan bakat yang kamu miliki, tugas kamu selanjutnya adalah mencari perguruan tinggi yang cocok dan sesuai dengan minat, bakat atau impianmu. Dengan mengikuti minat, bakat, atau impian yang kamu miliki, pelajaran kuliah akan terasa ringan dan menyenangkan.

Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai perguruan tinggi yang sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan. Bertanyalah kepada kakak angkatan atau teman-teman yang sudah terlebih dahulu menjalani dunia perkuliahan. Catat tanggal ujian masuk maupun pengumpulan formulir pendaftaran dan syarat-syarat yang dibutuhkan. Selain itu, tanyakan mengenai kehidupan mahasiswa dalam dunia perkuliahan. Informasi seperti ini juga bisa menambah wawasanmu tentang dunia yang akan kamu masuki.

Biasanya, untuk membantu siswa menemukan perguruan tinggi yang diinginkan, sekolah akan mengadakan University Day untuk siswa. University Day memberi jembatan bagi siswa maupun perguruan tinggi untuk saling menemukan. Sekolah akan menyediakan “lapak” bagi perguruan tinggi yang ingin memberikan informasi dan edukasi mengenai perguruan tinggi tersebut. Untuk informasi lebih jauh, masing-masing perguruan tinggi diberi waktu untuk melakukan edukasi kepada siswa dalam ruang kelas. Siswa juga diperkenankan untuk melakukan pendaftaran pada hari yang sama.

Ilustrasi Bimbingan Belajar

Proses menemukan perguruan tinggi impian memang penuh perjuangan. Tapi, kamu juga harus ingat kalau Ujian Nasional sebentar lagi dimulai. Proses ini perlu dukungan dan bimbingan dari lingkungan terdekat, terutama keluarga. Tugas keluarga adalah memberikan pendampingan dan perhatian agar anak merasa selalu memiliki teman untuk berbagi.

Baca juga:  Ingin Mengurangi Plagiarisme di Kampus? Ini Solusinya

Ada dua ujian penting yang akan kamu hadapi yaitu Ujian Akhir Nasional dan yang kedua adalah ujian masuk perguruan tinggi. Agar kamu siap mengahadapi keduanya, kamu perlu melakukan beberapa upgrade dalam cara belajarmu.

1. Mengikuti Bimbingan Belajar

Yang pertama adalah mengikuti bimbingan belajar. Sebenarnya kamu bisa belajar sendiri dirumah dengan menggunakan buku yang ada di toko buku. Namun ada perasaan “senasib sepenanggungan” dengan teman-temanmu yang akan membuatmu merasa tidak sendirian. Kamu akan merasa bahwa teman-temanmu juga mengalami perjuangan yang sama denganmu. Hal inilah yang akan membuatmu merasa lebih mantap. Selain itu,  banyak contoh soal yang akan kamu dapatkan melalui bimbingan belajar yang akan mengasah nalar terhadap jenis soal yang serupa. Latihan yang terus menerus akan membuatmu lebih ahli memecahkan soal.

2. Mengikuti Les Privat

Belajar bersama teman kadang membuatmu kurang konsentrasi karena mereka selalu saja melontarkan lelucon yang membuatmu tak kuat menahan tawa. Karenanya, ada beberapa siswa yang memilih untuk mengikuti trik yang kedua yaitu les privat. Supaya lebih mantap, les privat ini bisa dilakukan dengan guru, dosen, maupun mahasiswa perguruan tinggi yang kamu inginkan. Bagaimanapun, orang yang sudah berkecimpung di dalamnya pasti memiliki lebih banyak pengalaman dan tahu bagaimana jenis ujian yang akan di berikan kepada calon mahasiswa. Carilah orang yang cerdas dan pintar berbagi ilmu.

3. Buat Jadwal Belajar

Untuk melengkapi usaha-usaha yang kamu lakukan, coba buat jadwal belajar untuk diri sendiri. Walaupun kamu sudah melakukan bimbel atau les privat, rasanya tak lengkap jika tidak belajar sendiri, karena itu, setiap malam luangkan waktu 30 menit untuk mengulang apa yang kamu pelajari hari ini. Waktu yang kamu luangkan memang tidak lama, namun harus teratur. Kamu juga harus patuh terhadap jadwal yang sudah kamu buat ya. Tips ini adalah yang ke tiga.

Baca juga:  Kenapa Master Plan Infrastruktur TI Penting bagi Perusahaan?

4. Buat Notes Penyemangat

Buat notes penyemangat yang bisa kamu tempelkan di dalam kamarmu. Notes ini berisi kalimat penyemangat yang akan mengingatkanmu pada jurusan dan perguruan tinggi impianmu. Trik ke empat ini bisa membuatmu segar lagi ketika kamu loyo dalam belajar. Kalau perlu tempelkan juga gambar-gambar lucu tentang perguruan tinggi impianmu. Ingat kata Giring Nidji “Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia” karena itu kamu harus meraih impianmu. Usaha terdekat yang bisa kamu lakukan adalah belajar dengan tekun.

5. Berdoa

Trik ke lima yang juga penting. Berdoa. Setiap usaha yang kamu lakukan hendaknya kamu awali dan lengkapi dengan doa. Dengan berdoa, kamu akan merasa lebih mantap dalam melakukan setiap kegiatan. Perasaan nyaman dan tenang akan selalu menyertaimu. Karenanya jangan lupa untuk memanjatkan doa dan syukur setiap saat ya!

6. Jangan Lupa Santai

Tips yang terakhir adalah jangan lupa untuk bersantai. Tubuh dan pikiranmu juga perlu istirahat. Inilah yang harus selalu kamu ingat. Semua usaha yang sudah kamu lakukan akan sia-sia jika tubuhmu justru ambruk di hari H. Karenanya, ingatlah untuk istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang sehat, perbanyak minum air putih, dan bermain bersama teman-teman. Berkumpul dengan teman-teman tidak hanya melepas rindau tapi juga dapat menjadi sarana pelepas stress.

sumber:https://blog.gamatechno.com/


Loading...
 Komentar Lainnya (0)

Nama : Email : Blog/Web :

:D :P ;;> ;) :) :O :: =s :g :-? :@ :-)) :-bd I-) B-) ):b :-/ :o:
:x =D> :-)/\:-) =)) @_@ o|^_^|o

Untitled Document